Ada Dua wujud konsumen
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.Sedangkan Psikologi itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku seseorang.
Jadi, Psikologi Konsumen adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku seseorang dalam hal pemakaian barang dan jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
Psikologi Konsumen itu sendiri sama dengan Perilaku Konsumen.Perilaku konsumen adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka.Fokus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan pertimbangan yang matang.
Berdasarkan pada tingkat keterlibatan dan pengambilan keputusan ada empat tipe perilaku konsumen, yaitu :
Proses keterlibatan tinggi :
1. Pengambilan keputusan yang kompleks
2. Kesetiaan merek
Proses keterlibatan rendah :
3. pengambilan keputusan terbatas, dan
4. Inertia.
Ujang Sumarwan (2000)
secara sederhana menjelaskan studi perilaku konsumen meliputi hal-hal
sebagai berikut:
1.Apa yang dibeli konsumen? (what they buy?),
2.Mengapa konsumen membelinya? (why they buy it?),
3.Kapan
mereka membelinya? (when they buy it?),
4.Dimana mereka
membelinya? (where they buy itu?),
5.Berapa sering mereka
membelinya? (how often they buy itu?),
6.Berapa sering mereka
menggunakannya? (how often they use it?)
Adapun contoh dari kasus perilaku konsumen ini adalah:
1. Proses jual beli antara tukang sayur dan pembeli atau konsumer sayur di pasar.
2. Pemakaian barang-barang yang telah konsumer beli.
3. Pemilihan barang yang akan dibeli dan dipakai
Daftar Pustaka:
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://www.tunardy.com/pengertian-konsumen-menurut-uu-pk/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar